Aneka Mie Nusantara

Mie Khas Indonesia memang sudah terkenal enaknya dan juga kaya akan rempah. Mie merupakan salah satu jenis makanan yang paling digemari di Asia, termasuk Indonesia. Untuk kamu penggemar mie, rugi jika belum menyicipi 10 Mie Khas Indonesia ini.
Jika anda ingin berpergian untuk Kuliner, kami sarankan anda tidak menggunakan mobil berjenis sedan lebih baik berjenis SUV seperti toyota fortuner karena mobil jenis ini dapat menembus berbagai medan dan memiliki dimensi mesin yang cukup kuat di bandingkan mobil sedan.

1. Mie Celor

Mie Celor merupakan mie kuning besar khas Palembang. Mie ini disajikan dalam campuran kuah santan kental dan kaldu udang galah. Diatasnya ditambah irisan telur rebus, daun bawang, seledri dan bawang goreng.

2. Mie Kocok

Mie yang satu ini adalah mie khas dari kota kembang Bandung. Mie Bandung ini rasanya gurih, biasanya ditambah tauge,potongan kikil, atau kulit sapi. Biar lebih seger, biasanya ditambah dengan sambal cabe rawit dan jeruk nipis.

3. Mie Aceh

Mie Aceh adalah sebuah masakan yang berbahan dasar mie kuning tebal yang di campur dengan bumbu yang kaya akan rempah-rempah. Untuk menambah cita rasa biasanya ditambah dengan irisan daging sapi atau ayam bahkan makanan laut seperti kepiting, udang dan cumi. 

4. Mie Toprak

 Mie Toprak adalah mie khas Solo yang rasanya mirip bakso dan soto. Mie ini biasanya terdiri dari mie kuning, tetelan, kol, taoge, tahu, tempe, sosis, kacang goreng, serta pelengkap lainnya.

5. Mie Koclok

 Kalau mie yang satu ini asli dari kota Cirebon. Yang unik dari mie ini adalah kuah santan kental yang mirip bubur. Kuah ini nanti yang bakal disiram diatas mie kuning, semacam pasta.  Jangan lupa diatasnya masih ada irisan telur, suiran daging ayam, taburan bawang goreng dan daun bawang.

6. Mie Ongklok

 Ini dia mie khas kota Wonosobo, Mie Ongklok.  Mie ini bisa dibilang unik karena disajikan bersama sate sapi dan tempe kemul. Biasanya juga ditambah kol dan daun kucai yang merupakan sayuran utama masyarakat setempat.

7. Mie Cakalang

Kalau mie yang satu ini dimasak dengan ikan tuna dan disajikan taburan abon ikan cakalang. Biar lebih sedap biasanya ditambah sambal lombok hijau yang dicampur cuka, air, dan garam. Kalau masyarakat Manado biasanya menikmati mie cakalang bareng bubur manado sebagai sarapan.

8. Mie Jawa

 Mie Jawa merupakan mie khas Kota Yogyakarta. Kamu bisa menikmati mie jawa ini versi goreng atau rebus . Mie rebus ini terdiri dari rebusan mie kuning, telur, suwiran daging ayam, kol, tomat, dan daun bawang. Mie yang satu ini adalah kuliner Jogja yang wajib anda coba.

9. Mie Titi

 Mie unik satu ini adalah mie khas dari Kota Makassar. Mie kering yang disiram kuah kental nan gurih yang berisi hati ayam, bakso, udang, cumi dan sayuran. Biar makin sedap jika ditambah perasan jeruk nipis.

10. Laksa Bogor

Laksa Bogor merupakan Mie khas kota Bogor. Kuah kentalnya berasal dari potongan oncom. Mie yang dipakai adalah mie bihun yang ditambah tauge panjang, suwiran daging ayam, udang, dan telur rebus. Laksa bogor biasanya dimakan dengan sambal cuka.

11. Mie Koba

Mie Koba menjadi kuliner khas Bangka Belitung yang tidak boleh dilewatkan.Karena rasanya tidak terlalu mencolok, tapi ternyata justru ikan tenggiri lah kunci dari Mie Koba.  Mie Koba disajikan dengan jeruk kunci yang khas untuk menambahkan kesegaran hidangan ini dan telur ayam rebus sebagai teman lauknya. Inilah daftar mie nusantara yang terkenal di Indonesia saya harap anda bisa mencoba kuliner tersebut. Sekian dari artikel saya Terima kasih.

Aneka Mie Nusantara Aneka Mie Nusantara Reviewed by DM on March 03, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.