7 Masakan Khas Nusantara

Mungkin rindu menggunakan keluarga yang pada rumah, suasana dan  lingkungan, dan  bahkan masakan Indonesia. Walaupun ada tempat tinggal   makan yang menjual kuliner Indonesia, namun permanen saja cita rasa yg dihasilkannya berbeda. Berikut akan JadiBerita bahas 10 hidangan makanan yang hanya terdapat di Indonesia. Penasaran? Yuk langsung saja kita simak artikel berikut.

Jika anda berpergian ke kawasan wisata Kuliner, kami sarankan anda tidak menggunakan mobil berjenis sedan lebih baik berjenis COMMERCIAL seperti toyota All new hilux karena mobil jenis ini dapat menembus berbagai medan dan memiliki dimensi mesin yang cukup kuat di bandingkan mobil sedan.

1. BAKSO
Bakso artinya salah  satu hidangan yg akan menggoyang pengecap JBers saat mencicipinya. Walaupun pada negara-negara lain pun ada sajian bakso yg populer menggunakan sebutan meatball, tetapi cara penyajiannya tentu saja berbeda-beda. Bakso yg hanya terdapat pada Indonesia artinya bakso Malang dan  bakso bakar. Siapa yg tak kenal menggunakan bakso Malang? Bakso Malang ini disajikan menggunakan kuah kaldu panas, mampu disertai dengan mie atau bihun, pangsit, gorengan, serta sayur yang juga disediakan beragam, mulai berasal kol, sawi, atau selada. Selain bakso Malang, bakso  bakar juga merupakan salah  satu kuliner khas kota Malang. Bakso bakar ini diolah menggunakan cara dibakar pada atas arang dan  disiram bumbu khas. Hmmm, cita rasanya sempurna sedap….

2. SOTO
Soto adalah galat satu makanan khas Indonesia yang tersaji dengan kuah dan  diisi menggunakan daging, sayuran serta aneka macam macam bumbu. Uniknya, soto pada Indonesia mempunyai beragam jenis sesuai dengan daerahnya. Misalnya saja terdapat soto kudus khas kota kudus, soto Bandung, soto Betawi, soto Madura serta lainnya. Salah  satu hidangan andalan artinya soto Betawi khas Jakarta. Soto Betawi sendiri tidak mirip soto lainnya. Dia memiliki kuah kental berwarna putih kekuningan karena pada dalamnya diwarnai dengan santan. Soal daging yg dipakai, soto betawi bisa disajikan dengan menggunakan daging sapi, kambing ataupun ayam. Soto Betawi ini pun akan diracik menggunakan daun bawang serta bawang goreng dan  tersaji dengan kerupuk emping yang tidak boleh dilewatkan. Hmmm, yummyyy…

 3. RENDANG
Rendang ialah menu berbahan dasar daging yang diolah dengan aneka rempah mirip ketumbar, kunyit dan  aneka bumbu dapur lainnya. Rendang ialah hidangan spesial   Padang yg kaya rasa serta sangat gurih. Rasanya memang cenderung asin, menggunakan kuah pekat yg menempel sebab bumbu yang digunakan pula banyak. Umumnya dagingnya lembut dan  meninggalkan rasa lezat pada lidah saat disantap menggunakan nasi hangat.

4. PEMPEK
Pempek merupakan menu khas dari Palembang. Pempek didesain berasal bahan dasar ikan yg diolah dengan tepung menggunakan aneka bentuk unik. Ada yang diklaim kapal selam, lenjer, dan  lainnya. Umumnya pempek ini akan disantap menggunakan kuah encer yang terbuat berasal saus cuka dan  gula. Selain itu, terdapat tambahan mie serta acar di dalamnya. Ketika disantap, lidah JBers akan betul-benar  dimanja sebab ada rasa gurih, anggun, asam dan  asin sekaligus.

5. GUDEG
salah  satu menu khas Indonesia yg tidak boleh dilewatkan ialah gudeg spesial   Jogja. Menu gudeg ini artinya gugusan sayur nangka belia yang dimasak menggunakan santan dan  gula merah. Gudeg disajikan juga dengan pelengkap berupa aneka lauk seperti ayam goreng, tempe goreng, telur rebus sampai kerupuk kulit sapi. Guged ini mempunyai cita rasa spesial   Jogja, yaitu cita rasanya cenderung anggun serta gurih. Gudeg ini akan terasa lengkap Jika disantap bersama nasi hangat. Sempurna JBers ingin tambah lagi, lagi, dan  lagi.

6. GORENGAN
kalau soal gorengan, hampir di seluruh wilayah di Indonesia punya gorengan spesial   sendiri. Ada gorengan berbahan tempe yg disebut mendoan atau tempe menjes khas Purwokerto. Kemudian ada juga pisang molen khas Bandung, pisang goreng, ketela goreng, heci atau bakwan sayur, cireng dan  lain sebagainya. Cara menikmati gorengan hangat ini pun majemuk. Terdapat yang menggunakan sambal merah, terdapat pula yg menggunakan cabai hijau, cabai rawit/cengek atau sambal petis.

7. OPOR AYAM

Opor ayam adalah sajian yang berbahan dasar ayam, kentang, telur dan  kuah bersantan. Opor umumnya tersaji menggunakan ketupat pada bulan Ramadan. Kuahnya kental menggunakan taburan bawang merah goreng, dengan sentuhan rasa ketumbar, kunyit dan  santan yg spesial   dan  bikin kangen. Hidangan ini memang tiada duanya, serta akan bikin kangen JBers yg sedang merantau di negeri orang.

7 Masakan Khas Nusantara 7 Masakan Khas Nusantara Reviewed by DM on March 24, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.