Kawah Rengganis

Kaldera Rengganis merupakan kaldera alam yg terbentuk berasal proses alam jutaan tahun yg lalu. Dahulu kaldera ini bernama kawah Cibuni sebab terletak di wilayah Cibuni, tapi sebab daerah ini telah dikelola oleh agrowisata Rancabali maka kawasan ini diubah sebagai kawah Rengganis supaya lebih kece, memiliki nilai jual serta keren. Sedikit tidak selaras dengan saudaranya kaldera Putih Ciwidey yang mempunyai kaldera yang besar  seperti danau serta airnya tak jarang berubah-ubah sesuai saat dan  keadaan alam, kawah Rengganis artinya kawah yg kecil dan  poly bebatuan besar . Serta ini beliau foto aku  saat berkunjung kesana. Jika anda berpergian ke kawasan wisata kawah Rengganis, kami sarankan anda tidak menggunakan mobil berjenis sedan lebih baik berjenis SUV seperti toyota fortuner karena mobil jenis ini dapat menembus berbagai medan dan memiliki dimensi mesin yang cukup kuat di bandingkan mobil sedan.

tetapi yang membuatnya sangat unik ialah kaldera Rengganis ini lebih ramah sebab bau belerang tak terlalu menyengat dan  membuat pusing, pada sekeliling kawah ini pula terdapat hutan dan  pepohonan yang hijau tidak seperti pada kaldera Putih yang terlihat sedikit gersang. Keunikan lainnya artinya kaldera Rengganis dibelah oleh air sungai yang jernih serta bercampur dengan mata air panas serta airnya bisa dipakai buat mandi air hangat, tidak selaras kan dengan kawah Putih yg airnya sangat asam (ucapnya sih paling asam asal kawah pada dunia) serta ga bisa dipakai buat mandi. Eiitss tidak hanya itu keunikannya, keunikan lainnya artinya merupakan adanya geyser mungil atau mata air panas yg air semburannya menyembur ke atas serta uapnya cukup panas dan  poly, nahh uap inilah yang mampu dipakai buat sauna alami. Serta keunikan lainnya merupakan adanya lumpur hitam hangat yang digunakan buat maskeran guys, lumpur ini berguna buat memperkencang dan  menghaluskan kulit. Gimana keren dan  manfaat banget kan kawah Rengganis ini? Subahanallah yaa..

Alamat/Lokasi kaldera Rengganis
kawah Rengganis ini terletak di Kecamatan Rancabali dan  masuk ke komplek Perseroan Terbatas Perkebunan Nusantara VIII (PTPN VIII). Kalau engkau  pusing patokannya adalah Situ Patenggang, selesainya melihat persimpangan ke kanan menuju Situ Patenggang maka jangan arahkan kendaraan engkau  ke Situ Patenggang akan tetapi lurus terus, lebih kurang dua Km lagi kamu akan sampai pada kaldera Rengganis yang terletak di sebelah kiri.

Pos Tiket kaldera Rengganis
buat mencapai lokasi ini engkau  mampu memakai kendaraan kendaraan beroda empat atau motor karena jalan raya menuju lokasi ini relatif bagus serta baik. Tetapi waktu kamu sudah hingga di pos portal atau tiketing kaldera Rengganis tunggangan yg bisa masuk adalah hanya kendaraan roda dua/motor, menggunakan motor pun wajib  ekstra hati-hati sebab jalanan yg menanjak dan  berbatu relatif ekstrim. Lebih direkomendasikan buat menggunakan motor kisi-kisi/off road atau motor gigi agar lebih nyaman pada kendarai. Jika tidak terdapat motor kamu mampu memakai jasa ojek buat mencapai lokasi tetapi Jika ingin berolahraga lebih baik jalan kaki sebab jaraknya hanya 1 Km saja asal pos tiketing menuju lokasi kaldera Rengganis. Cape jalan jauh? Aku  saat kesana sempat bertemu dengan kelompok bule wisatawan mancanegara dari Belanda yg dipandu sang guide mereka, mereka jalan kaki asal pintu masuk tiketing sampai lokasi lohh. Bule aja kuat jalan kaki masa kamu enggak? Hihii..

Harga Tiket Masuk kawah Rengganis
tidak perlu mengambil kocek seratus ribu lebih buat menikmati seluruh keindahan berasal kawah Rengganis, mandi air hangat, mencoba sauna alami sampai maskeran dengan lumpur hitam kaldera Rengganis. Tiket masuk geowisata (wisata bumi) ini hanya 5rb/orang saja. Cukup murah bukan?

Fasilitas kawah Rengganis
Fasilitas yang disedikan di lokasi wisata kawah Rengganis ini cukup lengkap. Ada kedai/warung dengan jajanan kampung yg menyediakan makanan mirip mie instan, gorengan, kudapan manis sampai minuman mirip kopi, teh atau minuman sachet yang mampu kamu rasakan. Jika ingin shalat juga terdapat mushola yg cukup besar  dan  ada toilet yang bisa dipakai kapan saja. Pada lokasi ini pula ada beberapa tempat tinggal   warga  yang menyatu dengan kawah Rengganis ini, merekalah masyarakat orisinil asal kawah Rengganis yang sudah tinggal disana puluhan tahun. Mereka sangat ramah kepada para pengunjung, engkau  pula wajib  ramah yaa pada mereka guys karena kita tiba kesana menjadi tamu mereka. Sapa serta berikanlah senyum terbaik engkau  pada mereka yg tinggal disana. Hihii..

Jika engkau  ingin mandi air hangat engkau  bisa mandi pada pancuran yang telah dibuat, airnya yang hangat membuat tubuhmu rileks serta balik  segar balik , serta khasiat berasal belerangnya pun sangat baik buat kesehatan kulit terutama yang memiliki keluhan penyakit kulit. Keren kan? Subhanallah.

Kawah Rengganis Kawah Rengganis Reviewed by DM on April 21, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.