Oleh- Oleh khas Makassar

Saat Anda berkunjung ke kota Makassar lebih baik Anda menggunakan menggunakan mobil Toyota Fortuner, karena Toyota Fortuner yang di desain untuk para petualang. Cocok untuk digunakan disegala medan, dan tentunya oleh- oleh sudah menjadi tradisi para pengunjung sebagai bentuk buah tangan. Ragam oleh - oleh khas Makassar ini dapat diperoleh di beberapa pasar tradisional maupun pasar modern, bahkan ada toko yang memang khusus menjual oleh - oleh tersebut. Yang paling populer tentu saja adalah jalan Somba Opu. Di jalan ini, berderet – deret belasan toko yang menyediakan oleh - oleh khas Makassar mulai dari makanan, minuman, kopi, baju, kain tenun, hingga pernak pernik kerajinan tangan. Apakah Anda merasa bingung untuk membeli buah tangan Khas Makassar.

Berikut oleh-oleh khas Makassar yang wajib dibawa pulang. Berikut daftarnya :

Minyak Gosok Cap Tawon
Minyak gosok serba guna dengan beragam manfaat ini. Minyak gosok khas Makassar ini sudah ada sejak tahun 1912. Tidak heran ini menjadi salah satu oleh-oleh khas Makassar yang tidak boleh dilewatkan. Di daerah asalnya, minyak gosok tawon ini dijual dalam berbagai ukuran mulai dari kemasan terkecil 30 ml hingga ukuran super besar yakni 330 ml. Harganya beragam mulai dari Rp 11.000 hingga Rp 105.000. Selain itu, minyak ini juga tersedia dalam dua jenis, yakni yang memiliki tutup warna merah dan putih. Khasiat keduanya sebenarnya sama saja, bedanya adalah panasnya yang terasa lebih kuat pada minyak cap tawon bertutup putih.

Kacang Sembunyi
Selain kacang disko, kacang sembunyi juga disebut-sebut kacang khas Makassar. Cemilan ini berbahan kacang tanah yang dibalut kulit tepung terigu dan dibentuk seperti pisang molen mini. Rasanya gurih dan kriukk.

Sirup Markisa
Ada begitu banyak sirup maupun minuman rasa markisa di Indonesia, namun markisa asal Kota Makassar yang satu ini patut untuk dicoba. Markisa ' Bola Dunia' yang pusatnya terdapat di Kota Makassar ini sudah ada sejak 1961 Yang bikin nama ini populer  adalah sirup cap bola dunia. Rasanya markisa asli bukan serbuk markisa olahan kimia.

Kaos khas Makassar
Biasanya jika berkunjung ke suatu kota, orang akan mencari kaos yang bertuliskan nama kota tersebut, atau bangunan terkenal yang ada di kota tersebut. Nah di Makassar pun banyak dijual kaos seperti itu, misalnya gambar makanan khas Makassar, pantai Losari, Karebosi, gambar Tongkonan, perahu Phinisi, Bantimurung, Samalona atau hanya tulisan I Love Makassar.

Pernak pernik
Nah ini adalah oleh – oleh andalan para traveler, umumnya berupa gantungan kunci, gelang, stiker, kartu pos hingga tempelan kulkas. Harganya murah jadi bisa dibeli dalam jumlah banyak dan tidak makan banyak tempat hingga bawanya gampang. Ada juga miniature rumah Toraja, kerajinan tangan Toraja, tau-tau Toraja, miniature kapal Phinisi, dan boneka mungil dengan pakaian adat Bugis Makassar yang bisa dijadikan oleh – oleh.

Kopi Toraja
Ini adalah oleh - oleh favorit untuk para pecinta kopi, ada yang dibungkus plastik, kotak kayu atau kemasan karton ala kadarnya dengan ukuran kemasan yang berbeda-beda. Rasa kopinya sangat kuat dan aromanya yang khas membuat kopi Toraja jadi sangat laku, setidaknya ada ada 3 jenis kopi Toraja yang dijual di pasaran yaitu Arabica, Robusta, dan campuran dari keduanya.

Sekian dari saya yang berminat dapat mengunjungi langsung tokonya. Ada banyak sekali pilihan oleh-oleh untuk sanak saudara di rumah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda Semua. Terima Kasih.
Oleh- Oleh khas Makassar Oleh- Oleh khas Makassar Reviewed by DM on January 06, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.